Binatang Top

5 Binatang Terkuat di Dunia

Sekalipun Tuhan tidak membekali intelegensia kepada hewan, namun merekan sangat tangguh dan handal di alam. Dengan mengacu ukuran tubuh dan tenaga yang dihasilkan, berikut 5 binatang terkuat di dunia:

1. Eagle (Elang)

Merupakan burung terkuat yang ketika terbang, bisa mengangkat beban mangsanya yang empat kali lipat lebih berat dari bobotnya.

Eagle, (sumber: wordpress)

2. Gorila

Mereka bisa mengangkat mangsa yang 10 kali lipat lebih berat. Meski beratnya sekitar 225 kg, mereka bisa mengangkat beban hingga 2.250 kg. Tenaga mereka setara dengan 30 pria dewasa.

Gorila, (sumber: blogspot)

3. Semut Leafcutter Ant

Semut jenis ini bisa mengangkat beban yang 50 kali lebih berat dari tubuhnya!

Leafcutter Ant, (sumber: britanica)

4. Gajah

Ini adalah mamalia terkuat. Beban seberat 6.000 kg hingga 10.000 kg bisa mereka bawa. Tenaga mereka setara dengan tenaga 130 pria dewasa.

Gajah, (sumber: blogspot)

5. Rhinoceros Beetle.

Serangga satu ini bukan serangga paling bertenaga, tapi juga binatang terkuat jika dibandingkan bobotnya. Mereka bisa angkat beban angkat hingga 850 lipat dari bebannya. (**)

Rhinoceros Beetle, (sumber: petfotos)

5 Binatang Bermata Indah

Dari mata turun ke hati, pepatah tersebut memang lazin digunakan oleh manusia. Namun bagi hewan-hewan ini, mata adalah alat yang membantunya mencari makanan dan bertahan hidup. Juga, memiliki fungsi dan manfaat luar biasa melebihi mahluk lainnya. Berikut 5 daftar binatang  dengan segala keindahan matanya:

1. Udang Mantis (Mantis Shrimp)

Udang Mantis dikenal dengan agresifitas dan kaki-kakinya yang mengagumkan, kuat dan tajam, bahkan bisa mematahkan tangan manusia.  Udang yang satu ini juga dikenal dengan kerakusan dan daya jelajah yang tinggi, terutama di perairan tropis.

Mereka memiliki mata majemuk, setiap ommatidia (tabung lensa) memiliki fungsi yang berbeda-beda, untuk mendeteksi cahaya lainnya . Ia dapat melihat dan membedakan warna lebih baik dari manusia. Matanya terletak di ujung tangkai dan dapat bergerak indipenden satu sama lain. Yang unik adalah pemvisualisasian citra dilakukan oleh matanya, bukan otak seperti kebanyakan mahluk.

Mantis Shrimp

2. Laba-laba Berwajah Raksasa (Ogre faced spider)

Laba-laba merupakan salah satu serangga yang memiliki mata majemuk. Salah satunya laba-laba berwajah raksasa (ogre, mitologi Yunani) yang memiliki 6 pasang mata, namun terlihat seperti dua. Hal itu dikarenakan ia memiliki dua pasang mata yang berukuran besar. Ini sebenarnya sebuah proses adaptasi sehingga ia mampu melihat dengan baik dalam keadaan gelap, apalagi ia merupakan binatang nocturnal/beraktifitas di malam hari. Penglihatannya sangat baik di malam hari bukan saja disebabkan matanya yang besar, melainkan sel lapisan penyerap cahaya di seluruh mata. Membran matanya sangat sensitif, namun demikian apabila terjadi kerusakan, akan cepat tumbuh kembali.

Ogre Spider Face

3. Lalat Mata-Mata (Stalk eyed fly)

Tubuhnya kecil namun sangat indah. Binatang ini dapat ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara dan Afrika, beberapa ditemukan di kawasan Eropa dan Amerika Utara.  Nama mereka diambil dari letak matanya yang terletak di ujung tungkai yang panjang dan jauh dari kepala. Bahkan, baik jantan maupun betinanya memiliki panjang yang berbeda, sehingga di saat musim kawin tiba sang betina akan memilih jantan bertungkai mata  paling panjang.

Stalk Eye Fly

4. Tokek Ekor Daun (Leaf Tailed Gecko)

Tokek ekor daun ini memiliki sepasang mata yang indah; pupil yang vertikal serta memiliki beberapa titik/lubang yang akan membesar ketika malam tiba, sehingga ia dapat menyerap cahaya sebanyak-banyaknya. Sel-sel yang terdapat pada dua bola matanya membuat ia mampu mendeteksi objek dan berbagai warna di malam hari. Sebagai gambaran,  penglihatan malam kucing dan ikan hiu dapat melihat enam dan 10 kali lipat lebih baik dari pada manusia, namun tokek ekor daun ini memiliki 350 kali lipat lebih baik dari kedua binatang tersebut. Tokek ekor daun pun memiliki pola mata yang rumit, sehingga dapat membuatnya berkamuflase. Selain itu juga kedua matanya dilindungi oleh lapisan kulit tipis serta dapat dibersihkan menggunakan lidahnya.

Giant Leaf Gecko

5. Capung (Dragonfly)

Capung adalah serangga bermata majemuk yang paling mudah kita temui sehari-hari diantara serangga lainnya.  Mereka memiliki mata besar yang memenuhi kepalanya, sehingga terlihat seperti helm, juga mampu berputar 360 derajat. Mata mereka memiliki ommatidia lebih dari 30.000 unit, yang berisikan lensa dan pendeteksi cahaya. Matanya mampu mendeteksi beragam warna dan cahaya, ia juga peka terhadap sebuah gerakan sehingga mampu menghindar dari pemangsa. (**)

Capung

5 Binatang yang Dianggap Mitos

Ketika pintu pengetahuan belum terbuka, semua hal yang tidak diketahui hanyalah mitos belaka. Hal ini terjadi di dalam dunia fauna, adakalanya  keberadaan mereka dulu dianggap mitos. Mereka bahkan dideskripsikan secara berlebihan dan terkadang menakutkan, sehingga ketika ia berhadapan dengan manusia mungkin ia akan mati dibunuh karena dianggap mengganggu. Berikut adalah fauna yang dulu hanyalah mitos belaka:

1. Manticore (Harimau)

Dalam perjalanan sejarah Yunani Kuno, harimau dikenal dengan manticore (diambil dari bahasa Persia, martya). Sosok binatang tersebut dipopularkan oleh seorang naturalis Yunani, Ctesias. Dalam deskripsinya dalam sejarah Yunani Kuno, menyebutkan harimau tersebut adalah mantichoras dalam bahasa India, dan pemakan manusia dalam Yunani. Selain itu Ctesias menggambarkan sosoknya memiliki tiga taring yang tajam, dan ekor yang berduri, seperti halnya kalajengking. Dan berbagai deskripsi lainnya yang mendekatkan manticore sebagai sosok harimau yang ditemukan di India sekarang.

Manticore

2. Ziphius (Paus Berparuh)

Ziphius ataupun burung hantu laut, merupakan monster laut legendaris di zaman medieval. Ia digambarkan memiliki mata besar dan mulut yang menyerupai paruh unggas.  Tubuh raksasanya  pun membuatnya diceritakan mampu menghancurkan perahu besar. Sekarang para ilmuwan menyadari dan menyimpulkannya sebagai ikan paus berparuh, yang hidup di perairan dalam dan jarang sekali memperlihatkan diri.

Ziphius

3. Naga (Komodo)

Sosok naga memang terkadan digambarkan seperti sosok komodo yang kita kenal sekarang, ditemukan di daerah pantai Indonesia bagian timur dikenal dengan Pulau komodo. Dulu ia dirumorkan sebagai buaya daratan, dan monster prasejarah lainnya.  Namun pada tahun 1910, seorang tentara berkebangsaan Belanda, pergi ke sebuah pulau dan berhasil menemukan serta mengirimkan foto komodo ke balai penelitian yang terletak di Kota Bogor saat itu. Pulau tersebut hingga kini kita kenal dengan Pulau komodo yang terletak di Indonesia, Provinsi Lombok.

Naga (Komodo)

4. Chrysomallus (Takin)

Dalam sejarah Yunani kuno, terdapat cerita mitos mengenai Jason dan Argonauts. Jason dikirimkan oleh pamannya yang jahat, Pelias, untuk sebuah misi berbahaya, menangkap domba berbulu emas (chrysomallus).  Sesosok mahluk kesayangan Poseidon, menangkapnya adalah kematian karena akan berurusan dengan Poseidon sang penguasa laut. Namun para ahli kemudia menyatakan bahwa sosok chrysomallus tersebut adalah sebuah kambing kuning yang hidup di pegunungan dan sekitar daerah Himalaya. Sosok mitos kambing emas tersebut juga hidup di Bhutan.

Chrysomallus

5. Gorilla

Seterkenal namanya sekarang, dahulu pun gorila adalah sebuah mitos belaka. Ia digambarkan  sebagai sosok yang seluruh tubuhnya ditumbuhi rambut, tinggi-besar, kuat dan pemarah, serta memiliki kebiasaan buruk memangsa dan memerkosa perempuan. Hal ini terdapat dalam sebuah catatan perjalan seorang Yunani, Hanno, di abad 5 sebelum masehi. Ia melakukan sebuah perjalan ke Afrika (Siera Leone), dan menceritakan bahwa  di Afrika terdapat mahluk liar, kebanyakannya perempuan, dan tubuhnya ditumbuhi rambut. Mereka disebut gorillae. (**)

Gorilla

5 Binatang Tercerdas di Dunia

Seiring dengan evolusi alam, hewan telah mengalami berbagai bentuk adaptasi. Itu sebabnya, ada pula binatang yang memiliki kecerdasan tinggi sebagaiman 5 hewan berikut ini:

1. Gurita Raksasa North Pacific

Makhluk ini tinggal di kedalaman laut. Mereka adalah keluarga cumi kelas moluska. Semua jenis cumi diketahui memiliki kemampuan intelektual luar biasa. Gurita dianggap avertebrata paling cerdas. Dalam kondisi percobaan, hewan ini telah menunjukkan memori jangka pendek dan jangka panjang. Mereka memiliki pengamatan luar biasa dalam pemecahan masalah. Gurita memiliki sistem saraf yang sangat besar, tetapi hanya sebagian ditemukan dalam otak mereka. Sekitar dua-pertiga dari gurita, memiliki neuron yang dapat ditemukan pada lengannya. Mereka ahli melarikan diri dalam tangkapan. Binatang ini sangat tajam penglihatan, rasa sentuhan, dan bergerak sangat cepat.

Gurita Raksasa (Sumber: Arkive)

2. Beo African Gray

Burung beo abu-abu Afrika merupakan spesies yang dapat ditemukan di Barat dan Tengah di hutan hujan Afrika. Beo telah lama mampu menunjukkan bahwa mereka bisa meniru ucapan manusia, tetapi beo ini dapat mengasosiasikan kata dengan makna dan bentuk kalimat kecil. Burung-burung ini saling berkomunikasi melalui lagu, panggilan, dan bahasa tubuh. Afrika Gray ini mudah dilatih untuk melakukan percakapan dan aktivitas. Dia bisa mengidentifikasi lebih dari lima puluh benda, tujuh warna, lima bentuk, dan nilai numerik.

Beo Afrika (Sumber: Deathdyinggriefandmourning)

3. Gajah

Semua jenis gajah diperkirakan mewarisi jenis genetik yang sama. Dalam banyak kebudayaan, gajah dipandang sebagai simbol kebijaksanaan. Mereka bisa mengingat lokasi yang tepat dari lubang air dan makan mereka meski tidak dikunjungi selama bertahun-tahun. Otak gajah otak adalah yang terbesar dari semua hewan darat. Gajah memiliki pendengaran yang luar biasa. Mereka berkomunikasi dengan berteriak, mengaum, seperti panggilan terompet, dan bahkan dapat mengirim suara dari jarak jauh dengan menggunakan perantaraan tanah. Gajah bisa mencatat berbagai perilaku. Termasuk tindakan yang terkait dengan kesedihan, membuat musik, cinta, bermain, dan sejenisnya.

Gajah (Sumber: Biologipedia.blogspot)

4. Monyet Rhesus

Monyet Rhesus dikenal cerdas dan karena itu telah banyak digunakan dalam penelitian biologis dan medis. Sebab dia memiliki memori yang besar, kemampuan untuk belajar, dan membuat keputusan sendiri. Mereka menggunakan ekspresi wajah sangat mirip dan dipahami oleh manusia. Mereka memiliki sistem rinci kesamaan vokal dengan komunikasi manusia.

Monyet resus (Sumber: Gotpetsonline)

5. Lumba-lumba

Keluarga lumba-lumba dan ikan paus dianggap sebagai hewan paling cerdas yang mendiami lautan. Jenis ini tinggal di perairan hangat di seluruh dunia dan merupakan spesies yang paling cerdas. Mereka memiliki otak yang sangat besar dengan korteks serebral dan lobus frontalis berjumlah 40% dari total otak. Cerebral cortex merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk komunikasi sosial, pengolahan informasi abstrak, pemecahan masalah, dan seterusnya. Lumba-lumba ini sangat mudah dilatih. Mereka telah memiliki kemampuan untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami ide-ide, dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Mereka menggunakan echolocation untuk berburu mangsa dan dan peluit untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. (**)

Lumba-lumba (Sumber: jedadulu)
 

Hewan yang digunakan Mitoss

Daftar ini adalah tentang hewan yang pernah dianggap hanya legenda, tapi akhirnya dikonfirmasi untuk menjadi nyata. Saat ini, banyak dari “binatang mitos” yang begitu terkenal sehingga kita tidak bisa membayangkan kalau kebun binatang tanpa mereka!
Apa saja Binatang-binatang tersebut ? Mari kita simak berikut ini :

5. Gorilla

Gorilla, pada awal kemunculannya, ia tidak dipercaya sebagai hewan mamalia yang biasa kita lihat di kebun binatang. Gorilla merupakan monster kejam yang mengamuk dengan kebiasaan menculik wanita, bahkan memperkosanya!. Hal ini diklaim oleh laporan pertama dari hanno exploler, bahwa gorila berasal dari bahasa yunani, dari abad ke-5 SM. Saat peneliti pergi ke pantai barat di afrika, mungkin ke sierra leona atau bahkan teluk guinea, ia menemukan sebuah pulau liar yang penuh dengan orang-orang yang besar, sebagian dari mereka sangatlah berbulu.

4. Phyton

dahulu, orang cenderung menganggap reptil sebagai bagian dari dinosaurus yang berhasil melewati fase “kiamat dino”. Dahulu, isidore dari sevilla mengatakan bahwa ular adalah jenis dinosaurus terbesar, sementara pliny the elder menjelaskan pertempuran kolosal antara ular dan gajah konstriksi. Ular itu akan melilit dan mencekik gajah itu, kemudian gajah itu jatuh ke tanah, dan akhirnya hancur dibuat oleh sang ular phyton. Dia(pliny the elder) juga menyebutkan bahwa dinosaurus berjenis ular telah ditemukan di ethiopia, tapi yang terbesar ditemukan di india.

3. Panda raksasa

Saat ini, hitam dan putih adalah salah satu hewan yang paling terkenal di dunia (panggilan ilmuan:”megafauna karismatik”). Namun, mereka hampir tidak dikenal selama berabad-abad, bahkan di cina! Memang, meskipun seniman cina telah konsisten menunjuk beruang hitam dan hutan bambu sejak zaman kuno, panda raksasa tidak pernah ditampilkan sampai abad kedua puluh! Rumor dan laporan tentang beruang “hitam putih” ditemukan di pegunungan cina, ternyata dianggap mitos sampai tahun 1869, ketika misionaris dari prancis, armand david mengirimkan spesimen kulit untuk di bawa ke eropa. Lalu, panda akhirnya diterima oleh para ilmuwan sebagai hewan yang nyata.

2. Jerapah

ya, jerapah terkenal sebagai hewan-besar yang sangat legendaris. Kita harus mengakui keberadaannya saat ini. Jerapah relatif akrab dengan orang mesir, meskipun mereka tidak asli dari mesir. Disisi lain, yunani berpikir jerapah sebagai binatang legendaris, camelopard, yang dikatakan hasil kopulasi seekor unta dan seekor macan tutul! Bahkan saat ini, nama ilmiah dari jerapah (giraffa camelopardalis) telah membayar penghormatan kepada legenda ini.

1. Takin

pernah dengar legenda golden fleece?ya legenda tentang bulu berwarna emas!beberapa ahli percaya bahwa legenda golden fleece diilhami oleh lapisan emas dari hewan yang nyata, sekarang mereka disebut ” si pembawa emas”. Hewan ini ditemukan di pegunungan himalaya. Meskipun dijelaskan oleh para ilmuwan barat pada tahun 1850, bahwa sedikit dari legenda di bhutan, asal-usul “takin” selalu dikatakan gaib(mitos).

2 responses to “Binatang Top

  1. Good day! Do you know if they make any plugins to safeguard
    against hackers? I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on.
    Any tips?

  2. It is appropriate time to make a few plans for the future and it is time to be happy.

    I’ve read this post and if I could I desire to counsel you few fascinating things or advice. Perhaps you can write next articles relating to this article. I wish to read more things about it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s