Burung Langka di Dunia

Burung Langka di Dunia

Burung adalah salah satu keajaiban, kebesaran, dan keindahan yang diberikan oleh sang Pencipta melalui kehadirannya di alam semesta, selain tanaman dan bebungaan lainnya. Burung adalah mahakarya mahluk mekanis dengan segala keindahannya, yang memiliki peranan penting dalam ekosistem, mereka membantu penyebaran dan menyuburkan tanaman, sehingga bumi menjadi hijau. Namun masih banyak jenis dan nama burung yang masih belum ditemukan di setiap belahan bumi: 

 1.Burung Palila 

 Burung Palila merupakan salah satu jenis burung penghisap madu berasal dari Hawaii, bulunya berwarna abu-abu, sayap dan ekor berwarna hijau, serta kuning keemasan di kepala dan dada. Perut di dominasi warna cerah abu keputihan. Memiliki panjang 19 cm dengan paruh yang bulat. 

2. Frigatebird dari Pulau Natal 

Burung ini berasal dari Pulau Natal, Samudera Hindia. Mereka biasanya sering terlihat bertengger di pohon-pohon yang tinggi. Tubuhnya memiliki panjang 90-100 cm, sebuah ukuran yang besar. Ekornya melebar saat terbang dengan bulu perut berwarna putih, warna sedikit pucat pada bagian atas sayap, dan tentu sja bulu hitam mendominasi tubuhnya. Ia mampu untuk berenang, menyelam, bahkan berjalan di atas permukaan air.

3. Burung Merganser Brazil

 

Burung ini ditemukan di Brazil. Memiliki ukuran tubuh, panjang sekitar 49-56 cm, menyerupai bebek pada umumnya, berwarna gelap di bagian atas, abu abu gelap bagian dada hingga perut, dan spekulum sayap berwarna putih. Spesies burung ini ditemukan di Brazil Tengah bagian selatan, mereka selalu terbang cepat menyusuri sungai, danau dan perairan dangkal lainnya.

4. Burung Bustard India

 

Spesies burung ini dapat kita temukan  di Andhra Pradesh, Gujrat, Jammu, Kamataka, kashmir, Madhya Pradesh, Rajasthan Barat, dan Lala Parjau. Mereka seringkali terlihat di padang rumput  bahkan padang gersang. Spesies ini mendekati kepunahan akibat banyak diburu dan akibat penggunaan pestisida.

5.  Burung Marvellous Spatuletail

 

 Spesies burung pelatuk ini memiliki ukuran tubuh sepanjang 15 cm dengan bulu biru disepanjang bagian dadanya. Burung ini dapat terlihat di Rio Utcumbaba. Keunikan dan kelangkaan dari burung ini adalah memiliki empat warna yang terdapat di bagian ekornya, namun sangat disayangkan populasinya semakin berkurang akibat adanya deforestasi (penebangan hutan), bahkan sekarang hanya ada sekitar ribuan saja yang terlihat. (**)

6. Burung Ibis Jambul Asia (Asian Crested Ibis)

 

 Spesies burung ini dapat ditemukan di kawasan Asia terutama Cina, Jepang dan beberapa wilayah timur Russia. Mereka mudah dikenali karena memiliki bentuk kepala indah yang ditumbuhi bulu tebal dengan wajah, serta kaki berwarna merah. Mereka biasa berkumpul di daerah perairan seperti pinggiran sungai besar, rawa, dan bendungan. Mereka membuat sarangnya dan berlindung di pepohonan yang tinggi. 

7. Bangau Mahkota Merah

 

 Keberadaannya tidak saja hanya di Jepang, melainkan hampir di beberapa wilayah kawasan benua Asia. Spesies ini juga dikenal dengan sebutna  Bangau Manchuria ataupun Bangau Jepang, ukurannya besar, dan hanya dapat ditemukan di benua Asia. Bangau Manchuria adalah simbol kesetiaan, kemakmuran, dan keberuntungan. Bulunya didominasi warna putih dan beberapa bagian berwarna hitam sepeti leher atas, sayap bagian bawah dan ekor, dan bagian istimewa tentu saja warna merah yang ada dipuncak kepalanya berwarna merah. Rata-rata panjang tubuhnya 136 cm sementara tinggi tubuhnya 158 cm 

8. Burung Nuri Perut Jingga (Orange-Bellied Parrot)

 

Spesies burung ini dapat kita temukan di kawasan Australia bagian utara, mereka hidup di sepanjang pesisir sungai kecil dengan padang rumput yang luas, pepohonan teh, semak belukar dan rawa air payau. Penampilan mereka mungil dengan ekor yang pendek dan perut berwarna jingga, dan bulu badan serta sayap yang didominasi warna hijau rumput cerah, serta kuning

 9.  Burung Kakapo

 

Kakapo adalah spesies burung nokturnal yang teraneh dan langka di dunia. Beratnya sekitar 3,5 kg atau sekitar 8 pon. Burung ini ditemukan disebuah pedesaan, Selandia Baru, sebuah habitat bagi berbagai jenis reptil dan burung. Ia tidak dapat bertarung mempertahankan diri dan sangat rentan untuk diserang oleh pemangsa.

 10. Burung Emerald Honduras

 

Burung yang memiliki suara khas, dapat ditemukan di kawasan Amerika Selatan, Honduras, tepatnya di sebuah hutan tropis yang cukup kering, menghabiskan waktunya di antara ranting pohon dan semak belukar. Burung ini memiliki ukuran tubuh sekita 9,5 cm, berwarna hijau.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s